Chinese Medicine

tcm

Chinese Medicine adalah suatu ilmu pengobatan dari china klasik yang mana sudah ada sejak ribuan tahun lalu, dikodifikasikan pada Dinasti Qin dan Han. Kemudian karya tersebut dipublikasikan pertama melalui Kaisar Kuning Huangdi Neijing yang menyusun semua teori kedokteran china klasik. Selanjutnya karya tersebut dikembangkan menjadi suatu metode pengobatan yang modern di seluruh universitas China, bahkan di negara-negara maju seperti Amerika, Eropa, dan Australia.

Karakter Dasar Traditional Chinese Medicine

Konsep Holistic
Kesatuan organ dan tubuh
Hubungan manusia dan alam

Konsep Bianzheng Lunzhi / Sindrom Turunan dan Pengobatan
Implikasi konsep dasar TCM yang kedua adalah bagaimana suatu kasus dianalisa, induce, synthesize, judge, dan disimpulkan berdasarkan data klinis dari symptom dan tanda/gejala yang dikumpulkan melalui 4 metode diagnosa, antara lain inspection, listening, smelling, dan penyelidikan melalui pulse dan palpation.

Pengobatan TCM sangat erat dengan tindakan dan pemikiran yang filosofis jadi untuk mendalami TCM tidak cukup hanya dengan pengetahuan rasional saja. Sebagai contoh, konsep Yin-Yang, Wu Xing / Five Elements, Zangxiang / Viscera dan manifestasinya, Six Fu Organs & Extraordinary, hubungan antara organ Zang dan Fu, Qi, Blood dan Body Fluid, Meridians & Collaterals, Pathogenesis versi TCM dan prinsip-prinsip terapeutik. Sedangkan Akupunktur dan Herbology hanya merupakan sebagian dari ilmu TCM.

Source: www.ajihoesodo.com